Cara Merawat Motor Matic Harian
Motor jenis matic adalah motor yang membutuhkan perhatian lebih dibandingkan motor jenis lainnya, apalagi bila motor itu merupakan kaki untuk kehidupan sehari-hari masbro mengarungi panjangnya cinta kasih di bumi ini bersama pasangan ( hahaha ), berikut adalah beberapa hal yang harus masbro ketahui dan perhatikan apabila memiliki motor matic.
1. OLI
Setiap kendaraan bermesin pasti selalu menggunakan pelumas mesin atau yang sering disebut OLI, untuk matic ada 2 OLI yaitu Oli Mesin dan Oli Gardan/Transmisi
Oli Mesin diganti setiap : umumnya 3.000 km
Oli Gardan/Transmisi diganti setiap : 1 : 3 ( maksudnya setelah 3x pergantian Oli mesin maka Oli gardan/Transmisi juga perlu diganti )
2. Cek CVT
untuk CVT ada beberapa part yang harus di kontrol, diantaranya yaitu :
untuk mudahnya anda cukup memberi perintah kepada Tukang bengkel "service cvt" biasanya sudah mencakup hal-hal diatas dan akan di cek satu persatu tiap part nya
3. Kampas REM
Rem merupakan Alat utama untuk memberhentikan laju kendaraan, untuk itu diwajibkan selalu cek bagian ini demi keamanan, baik rem depan ataupun rem belakang, apabila dirasa Rem sudah terlalu dalam dan tidak bisa di stel maka wajib ganti.
Untuk pengguna biasanya rem depan jarang di cek, nah sekalian juga di cek apabila kampas sudah tipis wajib di ganti agar piringan cakram tidak baret-baret /rusak
4. Alur ketebalan BAN
Perhatikan ketebalan BAN, apabila sudah tipis sebaiknya diganti demi keamanan dan kenyamanan berkendara masbro
5. AIR AKI
Perhatikan ketinggian Air aki untuk Motoc matic masbro yang masih menggunakan AKI basah, untuk Aki kering baisanya free maintenance
6. LAMPU-LAMPU
Cek kondisi Lampu depan,belakang, dan sein pastikan semuanya dalam kondisi baik dan prima
7. Busi
Cek kondisi ujung busi untuk mengetahui kondisi mesin, apabila sudah tipis sebaiknya ganti, apabila banyak kotoran dan endapan sebaiknya di amplas halus hingga bersih
8. Karburator
Untuk motor standar atau motor yang jarang di utak atik, biasanya tidak terlalu masalah untuk karburator ini, tapi masbro perlu memperhatikan karet vakum pada karburator apabila dirasa tarikan berat dan bensin boros, bisa jadi pertanda karet vakum mulai rusak.
Perhatikan juga Filter udara , apabila kotor sebaiknya di ganti, gunakan produk Ori agar udara yang masuk ke mesin terjamin
9. System pendingin atau Coolant
Piranti ini jarang mendapat perhatian khusus para pengguna matic, jadi sebaiknya anda cek juga karena kalau sampai habis, mesin bisa saja overheat.
Untuk motor yang sudah memakai Coolant jangan lupa untuk mengganti Airnya. biasanya Coolant ini diganti saat mencapai 25.000 km
10. Siapkan Surat-surat kendaraan dan kelengkapan berkendara masbro seperti Helm, dan beberapa alat ringan seperti tang, kunci pas, kunci busi dsb
11. Jangan lupa untuk di Cuci motornya biar fresh dan meningkatkan kegantengan rider
1. OLI
Sumber google
Setiap kendaraan bermesin pasti selalu menggunakan pelumas mesin atau yang sering disebut OLI, untuk matic ada 2 OLI yaitu Oli Mesin dan Oli Gardan/Transmisi
Oli Mesin diganti setiap : umumnya 3.000 km
Oli Gardan/Transmisi diganti setiap : 1 : 3 ( maksudnya setelah 3x pergantian Oli mesin maka Oli gardan/Transmisi juga perlu diganti )
2. Cek CVT
Sumber google
untuk CVT ada beberapa part yang harus di kontrol, diantaranya yaitu :
- Memberi grease pada sliding shave primer dan sekunder, yaitu pemberian pelumas pada pully depan dan belakang biasanya setiap 8.000 km
Sumber google
- Pengecekkan Roller, ganti apabila bentuknya tak lagi bulat atau sudah oval
Sumber google
- Pengecekkan Vbelt, apakah sudah kendor/lemas atau pecah-pecah umumnya diganti setiap 25.000 km sebaiknya diganti apabila sudah terlihat pecah-pecah
Sumber google
- Pengecekkan Kampas Ganda, Ganti apabila kampas terlihat tipis
Sumber google
untuk mudahnya anda cukup memberi perintah kepada Tukang bengkel "service cvt" biasanya sudah mencakup hal-hal diatas dan akan di cek satu persatu tiap part nya
Sumber google
3. Kampas REM
Sumber google
Rem merupakan Alat utama untuk memberhentikan laju kendaraan, untuk itu diwajibkan selalu cek bagian ini demi keamanan, baik rem depan ataupun rem belakang, apabila dirasa Rem sudah terlalu dalam dan tidak bisa di stel maka wajib ganti.
Untuk pengguna biasanya rem depan jarang di cek, nah sekalian juga di cek apabila kampas sudah tipis wajib di ganti agar piringan cakram tidak baret-baret /rusak
4. Alur ketebalan BAN
Sumber google
Perhatikan ketebalan BAN, apabila sudah tipis sebaiknya diganti demi keamanan dan kenyamanan berkendara masbro
5. AIR AKI
Sumber google
Perhatikan ketinggian Air aki untuk Motoc matic masbro yang masih menggunakan AKI basah, untuk Aki kering baisanya free maintenance
6. LAMPU-LAMPU
Sumber google
Cek kondisi Lampu depan,belakang, dan sein pastikan semuanya dalam kondisi baik dan prima
7. Busi
Sumber google
Cek kondisi ujung busi untuk mengetahui kondisi mesin, apabila sudah tipis sebaiknya ganti, apabila banyak kotoran dan endapan sebaiknya di amplas halus hingga bersih
8. Karburator
Sumber google
Untuk motor standar atau motor yang jarang di utak atik, biasanya tidak terlalu masalah untuk karburator ini, tapi masbro perlu memperhatikan karet vakum pada karburator apabila dirasa tarikan berat dan bensin boros, bisa jadi pertanda karet vakum mulai rusak.
Perhatikan juga Filter udara , apabila kotor sebaiknya di ganti, gunakan produk Ori agar udara yang masuk ke mesin terjamin
9. System pendingin atau Coolant
Sumber google
Piranti ini jarang mendapat perhatian khusus para pengguna matic, jadi sebaiknya anda cek juga karena kalau sampai habis, mesin bisa saja overheat.
Untuk motor yang sudah memakai Coolant jangan lupa untuk mengganti Airnya. biasanya Coolant ini diganti saat mencapai 25.000 km
10. Siapkan Surat-surat kendaraan dan kelengkapan berkendara masbro seperti Helm, dan beberapa alat ringan seperti tang, kunci pas, kunci busi dsb
11. Jangan lupa untuk di Cuci motornya biar fresh dan meningkatkan kegantengan rider
Artikelnya bagus min, semoga terus bisa berbagi artikel yang bermanfaat lainnya, lain kali kesini lagi
ReplyDelete